Namun yang menarik, ktm Indonesia berhasil memberikan harga lokal gaes. Karena sebelumnya KTM harganya masih cbu karena memang masih import. Meskipun bukan dari Austria langsung sih,tp di produksi oleh KTM india (CMIIW).
Kenapa tadi yg22 berpendapat KTM memberikan pendekatan yang berbeda?? Karena rata rata motor sport fairing lightweight super sport 250cc di Indonesia lebih laku kalau kalau memiliki konfigurasi mesin dua silinder. Sementara KTM RC250 menganut meain single silinder. Nah mungkin kalu dari segi mesin,lebih pas kalau head to head dengan Kawasaki Ninja RR Mono.
Namun mengingat KTM memiliki nama besar dan rata rata motor entry level KTM memang menganut konfigurasi mesin single silinder, karena memang sebelumnya KTM memang lebih terkenal dengan produk motor trailnya gaes. Seperri yang kita tahu, trail pasti biasanya hanya menganut mesin single silinder untuk mengejar torsi. Nah mesin trail tersebut akhirnya menjadi basic untuk motor road bike nya KTM.
Kembali ke KTM RC250 gaes. KTM membekali berbagai macam fitur serta deaain unik serta finishing produksi di atas rata rata gaes untuk produknya,khas Eropa.wkwkwk...nah seperti apa sih yuk kita bahas...
- DESAIN
Desain dari KTM RC250 ini sendiri jelas sporry banget gaes, cocok dengan jargonnya yang Ready to race. Posisi riding nunduk, uniknya stang tidak berada di bawah segitiga namun juga tidak si atas segitiga gaes. Tapi menyatu dengan segitiga. Desain motor berbeda dengan motor lain sekelasnya,namun tetap sporty dan cantik.
Sperti pada sektor depan,windshield yang menyatu dengan body depan gaes lalu ada headlamp pojector. Nah yang unik adalah jok belakangnya gaes. Tak terlihat memiliki jok belakang malah terkesan single seater. Namun jangan salah gaes, jok belakang memang disamarkan. Jadi secara kasat mata seperti single seater padahal aslinya adalah jok,KTM membuat desain jok menyatu dengan body,good job buat KTM karena membuat desain jok yang bikin motor kelihatan makin sporty.
- MESIN
Nah mesin dari KTM RC250 ini mampu menyemburkan power maksimal sebesar 31,3hp/9000rpm dan torsi maksimal 24nm/7250rpm. Meakipun hanya mngandalkan mesin single silinder, KTM RC250 sangat powerfull gaes. Meskipun di rpm atas seperti kosong namun tetap kencang.
- FITUR
Pada bagian kaki kaki shock depan RC250 memiliki USD dari WP. Dan monoshock belakang dari WP juga. Nah produk shock WP sendiri juga memiliki reputasi baik di ajang balap gaes.
Berikut spesifikasi lengkap dari KTM RC250 gaes :
Mesin
Engine type : Single cylinder, 4-stroke, 4 valve DOHC
Displacement : 248,8cc
Bore x stroke : 72 x 61,1 mm
Power : 23 kW (31,1 hp) @ 9000 rpm
Torque : 24 Nm @ 7250 rpm
Compression ratio : 12.5 : 1
Starter/battery : Electric starter/12V, 8 Ah
Transmission : 6 gears
Fuels system : Bosch EFI (throttle body 38 mm)
Lubrication : semi dry sump
Engine oil : Motorex Formula 4T 15W/52
Cooling : Liquid cooling
Clutch : Anti-hopping wet multi-disc clutch, mechanically operated
Engine management/ignition : Bosch EMS
Dimensi
Panjang : 1995 mm
Lebar : 705 mm
Tinggi : 1099 mm
Kapasitas tangki bahan bakar penuh (full) adalah : 10 liter
Berat kosong motor (tanpa bahan bakar penuh) : 147 kg
Tinggi jok : 820 mm
Jarak terendah ke tanah : 178,5 mm
Jarak sumbu roda : 1340 mm +/- 15 mm
Sudut kemudi : 66,5 derajat
Suspensi
Suspensi depan : WP Inverted Fork berdiameter 43 mm
Suspensi Belakang : WP Monoshock
Suspension stroke : 125 mm / 150 mm (D / B)
Rem depan : Cakram tunggal berdiameter 300 mm (BOSCH 9M ABS)
Rem Belakang : cakram tunggal berdiameter 230 mm (BOSCH 9M ABS)
Roda depan : 3.00 x 17″
Roda Belakang : 4.00 x 17″
Ban Depan : 110/70 ZR-17 (tubeless)
Ban Belakang : 150 / 60ZR-17(tubeless)
Rangka
Jenis rangka : Trellis Frame (powder-coated)
Sub frame : Baja
Setang kemudi : Steel Clip-on Handle
Nah dilihat dari spek mesin,desain dan fitur yang diberikan KTM RC250 cukup menarik gaes. KTM RC250 dibandrol dengan harga Rp. 48.000.000,- otr Jakarta gaes. Cukup teejangkau juga gaes.. Last, KTM RC250 melengkapi persaingan panas kelas 250cc.
Okee gaes,sekian dulu semoga bermanfaat dan tetap safety riding...wassalam...werr..werr...