KTM RC250 pilihan unik dari Eropa di atas dominasi 250cc Jepang

Halloooo gaes.....sebelumnya KTM sudah memiliki line up di kelas sport fairing entry level yakni KTM RC200 dan KTM RC390. Terus kenapa bahas 250?? Ya karena kalian tau sendiri kan gaes kalau yang paling rame persaingannya yaitu kelas 250cc. Nah namun sepeerinya pabrikan asal Austria ini memberikan pendekatan yang berbeda.
Namun yang menarik, ktm Indonesia berhasil memberikan harga lokal gaes. Karena sebelumnya KTM harganya masih cbu karena memang masih import. Meskipun bukan dari Austria langsung sih,tp di produksi oleh KTM india (CMIIW).

Kenapa tadi yg22 berpendapat KTM memberikan pendekatan yang berbeda?? Karena rata rata motor sport fairing lightweight super sport 250cc di Indonesia lebih laku kalau kalau memiliki konfigurasi mesin dua silinder. Sementara KTM RC250 menganut meain single silinder. Nah mungkin kalu dari segi mesin,lebih pas kalau head to head dengan Kawasaki Ninja RR Mono.

Namun mengingat KTM memiliki nama besar dan rata rata motor entry level KTM memang menganut konfigurasi mesin single silinder, karena memang sebelumnya KTM memang lebih terkenal dengan produk motor trailnya gaes. Seperri yang kita tahu, trail pasti biasanya hanya menganut mesin single silinder untuk mengejar torsi. Nah mesin trail tersebut akhirnya menjadi basic untuk motor road bike nya KTM.

Kembali ke KTM RC250 gaes. KTM membekali berbagai macam fitur serta deaain unik serta finishing produksi di atas rata rata gaes untuk produknya,khas Eropa.wkwkwk...nah seperti apa sih yuk kita bahas...
  • DESAIN
Karena KTM ini asalnya dari Eropa, desain KTM RC250 berbeda banget dengan dengan desain pabrikan Jepang. Namun justru di situ motor menjadi terlihat unik,cantik dan memiliki daya tarik tersendiri gaes. Swcara garis besar, KTM RC250 memiliki desain yang sama persis dengan saudaranya yakni KTM RC200 dan KTM300. Memang KTM memberi desain yang mirip sih pada setiap line up motornya. Mungkin memberikan ciri yang menunjukkan identitas KTM itu sendiri gaes.
Desain dari KTM RC250 ini sendiri jelas sporry banget gaes, cocok dengan jargonnya yang Ready to race. Posisi riding nunduk, uniknya stang tidak berada di bawah segitiga namun juga tidak si atas segitiga gaes. Tapi menyatu dengan segitiga. Desain motor berbeda dengan motor lain sekelasnya,namun tetap sporty dan cantik.

Sperti pada sektor depan,windshield yang menyatu dengan body depan gaes lalu ada headlamp pojector. Nah yang unik adalah jok belakangnya gaes. Tak terlihat memiliki jok belakang malah terkesan single seater. Namun jangan salah gaes, jok belakang memang disamarkan. Jadi secara kasat mata seperti single seater padahal aslinya adalah jok,KTM membuat desain jok menyatu dengan body,good job buat KTM karena membuat desain jok yang bikin motor kelihatan makin sporty.
  • MESIN
Pada sektor dapur pacu gaes, KTM membekali RC250 dengan mesin DOHC single silinder 4 katup, 6 speed, dengan pendingin cairan, dengan perbandingan kompresi 12,5:1, cukup tinggi juga gaes kompresinya. Lalu dengan sistem suplai bahan bakar BOSCH-made electronic control fuel injection.

Nah mesin dari KTM RC250 ini mampu menyemburkan power maksimal sebesar 31,3hp/9000rpm dan torsi maksimal 24nm/7250rpm. Meakipun hanya mngandalkan mesin single silinder, KTM RC250 sangat powerfull gaes. Meskipun di rpm atas seperti kosong namun tetap kencang.
  • FITUR
KTM juga membekali RC250 dengan fitur yang modern juga gaes. Di bagian dashboard kita bisa melihat speedometer full digital yang modern dan informatif. Lalu dengan headlamp LED projector untuk sektor pencahayaan. Dan rangka teralis dari baja yang kuat namun fleksibel yang kabarnya di kembangkan dari rangka KTM di ajang balap moto3 gaes.

Pada bagian kaki kaki shock depan RC250 memiliki USD dari WP. Dan monoshock belakang dari WP juga. Nah produk shock WP sendiri juga memiliki reputasi baik di ajang balap gaes.
Berikut spesifikasi lengkap dari KTM RC250 gaes :
Mesin
Engine type : Single cylinder, 4-stroke, 4 valve DOHC
Displacement : 248,8cc
Bore x stroke : 72 x 61,1 mm
Power : 23 kW (31,1 hp) @ 9000 rpm
Torque : 24 Nm @ 7250 rpm
Compression ratio : 12.5 : 1
Starter/battery : Electric starter/12V, 8 Ah
Transmission : 6 gears
Fuels system : Bosch EFI (throttle body 38 mm)
Lubrication : semi dry sump
Engine oil : Motorex Formula 4T 15W/52
Cooling : Liquid cooling
Clutch : Anti-hopping wet multi-disc clutch, mechanically operated
Engine management/ignition : Bosch EMS

Dimensi
Panjang : 1995 mm
Lebar : 705 mm
Tinggi : 1099 mm
Kapasitas tangki bahan bakar penuh (full) adalah : 10 liter
Berat kosong motor (tanpa bahan bakar penuh) : 147 kg
Tinggi jok : 820 mm
Jarak terendah ke tanah : 178,5 mm
Jarak sumbu roda : 1340 mm +/- 15 mm
Sudut kemudi : 66,5 derajat

Suspensi
Suspensi depan : WP Inverted Fork berdiameter 43 mm
Suspensi Belakang : WP Monoshock
Suspension stroke : 125 mm / 150 mm (D / B)
Rem depan : Cakram tunggal berdiameter 300 mm (BOSCH 9M ABS)
Rem Belakang : cakram tunggal berdiameter 230 mm (BOSCH 9M ABS)
Roda depan : 3.00 x 17″
Roda Belakang : 4.00 x 17″
Ban Depan : 110/70 ZR-17 (tubeless)
Ban Belakang : 150 / 60ZR-17(tubeless)
Rangka
Jenis rangka : Trellis Frame (powder-coated)
Sub frame : Baja
Setang kemudi : Steel Clip-on Handle

Nah dilihat dari spek mesin,desain dan fitur yang diberikan KTM RC250 cukup menarik gaes. KTM RC250 dibandrol dengan harga Rp. 48.000.000,- otr Jakarta gaes. Cukup teejangkau juga gaes.. Last, KTM RC250 melengkapi persaingan panas kelas 250cc.

Okee gaes,sekian dulu semoga bermanfaat dan tetap safety riding...wassalam...werr..werr...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Popular Posts