Komparasi sport fairing 150cc

Halllo gaesss....perkembangan motor sport di Indonesia lagi moncer-moncernya gaess kayaknya.. Nah setelah kemarin bahas yang 250 cc,kurang lengkap nih kalau gak bahas yang 150cc. Bisa dibilang kelas 150cc jadi kelas untuk biker yang pengen main sportbike sebelum naik ke kelas dua setengah. Di Indonesia ada Suzuki GSXR150,Yamaha R15, dan Honda CBR150. Yuk kita bahas ...gasss gaess..
Kelas ini memang kelas yang paling panas gaess..masing-masing pabrikan bersaing dengan menghadirkan fitur yang mumpuni untuk memanjakan konsumennya. Oke langsung saja kita bahas atau kita komparasikan sportbike tersebut.

  • DESAIN
Dari segi desain memang memang tergantung selera masing-masing biker ya. Jadi maaf kalo masalah desain ini berdasarkan opini dari yg22,mungkin dari kalian punya pendapat masing-masing gaes.

Sepertinya desain GSXR150 ini mengambil desain dari superbikenya Suzuki yakni GSXR1000. Jadi seperti melihat versi mini dari GSXR1000. Dengan dimensi yang gak terlalu gambot. Kalau menurut yg22 sendiri desain GSXR150 ini seperti motor balap,mirip motor-motor moto3 ya. Desainnya juga gag terlalu banyak bagian body yang tajam,namun terlihat sangat berkarakter khas dari Suzuki.

Sedangkan Honda CBR150 mengambil desain yang berbeda dari versi sebelumnya atau yang sering disebut CBR K45 yang cenderung lebih ke aura elegan dan disertai body gambot. Namun CBR150 yang sekarang sangat berbeda. Desain body cenderung lebih tajam dan meruncing, namun lebih mendapatkan kesan yang racy di banding versi sebelumnya.

Yanaha R15 benar-benar melakukan facelift. Mengambil desain dari kakak-kakaknya yakni R series. Terlihat jelas seperti menegaskan kalau R15 juga merupakan bagian dari keluarga R series Yamaha.dengan body yang besar gaes,hampir menyerupai ukuran dimensi kelas 250cc. Okelah desain R15 ini memang keren gaes.. Oiya disediakan juga versi movistar seperti livery team Yamaha movistar motogp.

  • MESIN
Pada bagian dapur pacu,Suzuki membekali GSXR150 ini dengan mesin 150cc DOHC,1 silinder dengan sistem pendinginan water cooled. Menurut kabar yang beredar mesin ini masih common dengan mesin Suzuki Satria fu namun telah di mapping ulang sehingga lebih powerfull daripada Satria fu. GSXR150 mampu mengeluarkan tenaga maksimal sekitar 18.9hp/11000rpm.

CBR150 di beri perubahan yang cukup signifikan demi mengejar performa yang sadis. Dengan mesin berkapasitas 150cc DOHC dan berpendingin cairan disertai auto fan,CBR150 disinyalir mampu memuntahkan tenaga 17.1hp/9000rpm. AHM disebut mampu merubah mesin menjadi lebih cepat tanpa mengesampingkan efisiensi bahan bakar,yang diklaim mencapai 39km/liter.

Sementara itu,Yamaha R15 menjadi yang paling bertenaga. Dengan tenaga yang mencapai 19.3hp/10000rpm,sedikit di atas GSXR150. Mengandalkan mesin SOHC 1 silinder 155cc. Namun dengan adanya teknologi VVA serta di jejali teknologi slipper clutch menjadi nilai positif dari Yamaha R15.
  • FITUR
Suzuki membekali GSXR150 ini memilik seperangkat fitur canggih dan modern gaes. Nah fitur tersebut di antaranya pemakaian headlamp yang sudah mengadopsi LED. Lalu menggunakan speedometer full digital.  Nah salah satu kelebihan GSXR150 dibanding komoetitor yakni adanya fitur Keyless Ignition menggantikan sistem kunci kontak konvensional yang di ganti dengan remote sebagai transmitter dan tuas sebagai receiver. Sehingga menyalakan mesin hanya mendekatkan remote di jangkauan maksimal 1,2 meter, lalu tinggal memutar tuas. Sehingga meminimalkan kemungkinan curanmor.

Sama seperti GSXR150,CBR150 juga menggunakan headlamp dengan lampu LED gaes. Dengan speedometer full digital yang futuristik serta memiliki sapaan "see you" . Lalu adanya teknologi efisiensi yang membuat CBR150 lolos uji emisi euro3.

Selain memberikan desain yang menarik,R15 juga menawarkan beberaoa fitur modern gaes. Lampu LED tetap menjadi andalan. Soeedometer full digitak yang futuristik serta informatif. Dan nilai lebih R15 yaitu dengan adanya teknologi VVA yang membuat tenaga lebih besar namun tetap efisien bahan bakar, dan di cangkokkannya suspensi depan USD yang tidak ada pada dua kompetitornya.
  • HARGA
Dari segi harga masing-masing harga memberikan bandrol harga yang berbeda-beda. Suzuki GSXR150 ditawarkan dengan harga paling kompetitif dengan bandrol harga Rp.28jutaan.

Sedangkan CBR150 memberikan harga yang variatif di setiap varian tipe nya. Yakni Rp.31jutaan-Rp.32,5jutaan untuk versi standart dan Rp.33,3jutaan untuk versi Repsol.

Sementara Yamah R15 dibandrol paling mahal di banding pesaingnya menilik fitur-fitur yang disematkan pada motor tersebut. Yamaha membandrol R15 dengan harga Rp.34,5 jutaan untuk versi standart dan Rp.35,1 jutaan untuk versi movistar.

Okeee gaesss...jadi apa pilihan kalian di kelas 150cc ini...last,sekian dulu,dan semoga bermanfaat gaesss...apapun motornya tetao safety riding gaess....wassalam...werrr...werrr...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Popular Posts