Klasifikasi motor atau jenis motor....

Hallooo gaess... Gimana akhir pekan kalian??? Nah kali ini yg22 mau bahas pengklasifikasian jenis motor menurut verai opini yg22. Seperti gimana dan apa aja sih jenis jenis motor itu??yukk di gasss...
Menurut yg22 sendiri,pertama-tama motor itu di bagi menjadi 3, yakni road bike atau motor di jalan raya/aspal, lalu off road bike untuk di jalur tanah/off road dan ada lagi yang bisa dipakai di aspal maupun di jalur offroad.

Nah disini yg22 bahas yang road bike gaes. Road bike sendiri juga ada beberapa macam jenisnya, yaitu :

  • Cub/moped di Indonesia dikenal dengan sebutan motor bebek
  • Skutik
  • Cruiser bike
  • Adventure bike
  • Grand tourer
  • Naked bike
  • Sport fairing bike
Dari sekian banyak tipe di atas yg22 coba bahas satu-persatu ya gaes.

  • CUB/MOPED atau Motor Bebek
Cub/motor bebek
Di Indonesia sendiri disebut dengan motor bebek. Rata rata motor ini tidak memiliki mesin kubikasi cc besar. Paling tidak hingga 150cc. Biasanya motor ini dipakai untuk harian/commuter dan lebih mengedepankan sisi ekonomis, namun ada juga beberapa yang tetap menonjolkan aura sporty. Bahkan di Indonesia sendiri motor bebek juga dilombakan dalam road race gaes. Bahkan di ajang Asia yakni ARRC ada kelas untuk motor bebek yakni kelas underbond 150cc.

  • SKUTIK
Skutik
Skutik atau motor dengan transmisi otomatis. Di Indonesia merupakan salah satu motor dengan habitat yang banyak alias laris manis gaes. Selain simpel dan efisien skutik termasuk nyaman untuk harian di dalam kota apalagi saat terjebak kemacetan. Maka gak heran gaes kalau skutik menjadi pilihan banyak orang untuk transportasi sehari hari. Nah dewasa ini, skutik pun gak hanya dengan kubikasi mesin dengan cc kecil saja gaes. Banyak pabrikan yang memproduksi maxi skutik dengan kubikasi mesin ber cc besar, Sehingga bisa masuk kategori moge gaes.

  • CRUISER BIKE
Cruiser bike
Di tipe motor cruiser bike ini gaes, termasuk ke dalam motor hobby. Karena pasar yang di tuju memang tergolong segmented. Rata rata pada motor cruiser bike ini di bekali dengan mesin ber cc besar. Rata-rata di dominasi dengan konfigurasi V-engine gaes. Di motor cruiser ini torsi merupakan hal wajib gaes.

Yang unik gaes ergonomi riding di cruiser bike ini adalah pada posisi jok yang lebih rendah namun posisi stang yang tinggi. Kira kira mungkin hampir sama dengan tinggi dada rider. Lalu posisi kaki juga lebih kedepan.

  • AVENTURE BIKE
Adventure bike
seperti namanya adventure bike, motor ini memang di desain untuk keperluan touring atau riding jarak jauh. Maka dari itu model atau desain motor adventure bike di rancang agar dapat melibas berbagai macam kontur jalan. Biasanya adventure memiliki ergonomi yang nyaman. Ya kan memang di desain untuk perjalanan jauh. Maka gak heran kalau di motor adventure kita mendapati berbagai macam fitur yang menunjang kita saat touring gaes.

  • GRAND TOURER
Grand tourer
Motor grand tourer ini bisa dibilang motor yang paling mewah. Bisa dilihat dari dimensi yang bongsor juga desain lebih elegan. Seperti halnya adventure bike, motor grand tourer bisa dipakai untuk touring atau riding jarak jauh namun dengan meedan yang gak se ekstrim adventure bike. Nah makanya adventure bike di desain untuk kenyamanan maksimal bagi rider.

Rata-rata motor grand tourer memiliki dimensi mesin sekitar 1000cc ke atas gaes. Dan juga pasti harga yang mahal. Namun uniknya motor ini juga tergolong laris manis untuk ukuran moge di Indonesia. Mantab jiwa lah emang orang Indonesia.

  • NAKED BIKE
Naked bike
di segmen naked disini lebih bervariasi lagi kubikasi mesinnya. Yakni bisa 150cc hingga 1000cc. Nah di segmen ini juga hampir semua pabrikan memiliki line up naked bike. Secara umum naked bike rata rata memiliki posisi riding yang nyaman sehingga masih oke untuk harian meskipun untuk cc besar sekalipun gaes. Performa naked bike juga gag bisa di anggap remeh. Kencang dan memiliki torsi yang maksimal.

  • SPORT FAIRING BIKE
sport fairing bike ini gaes, biasanya dihuni motor-motor top of the line dari masing-masing pabrikan. Dan juga di bekali dengan fitur-fitur untuk menunjang performa agar lebih optimal. Di segmen ini, motor memang lebih diutamakan untuk performa tinggi. Seperti engine yang powerfull juga sangat diperhatikan sisi aeordinamika nya untuk mencapai performa maksimal.

Nah sport fairing bike ini juga di bagi beberapa berdasarkan kubikasi mesinnya gaes.
Light Weight Supersport (125cc-300cc)
Lightweight supersport
Banyak yang menyebut ini adalah motor fairing bike entry level, untuk beginner yang baru main sport fairing. Di kelas ini,khususnya di Indonesia, adalah pasar paling gemuk nih gaes. Fyi, untuk kubikasi mesin 125cc dan 300 cc biasanya diproduksi untuk pasar Eropa dan Amerika. Sedangkan kubikasi mesin 150cc dan 250cc untuk pasar Asia, mungkin ada regulasi yang mengatur seperti itu gaes.

Supersport (600cc-800cc)
Supersport
Supersport lebih diproduksi secara global. Gak dibedakan entah itu di Amerika,Eropa ataupun Asia untuk regulasi kubikasi mesinnya. Nah disini, motor untuk rider yang lebih serius main fairing bike. Tentu dengan cc yang besar dan performa yang di atas rata-rata menjadikan motor supersport menjadi motor yang serius.sebagian besar fitur-fitur motor supersport sudah mirip dengan fitur motor superbike. Disisi ergonomi berkendara pun juga gag ada nyaman-nyamannya sama sekali. Posisi ridingnya lebih ke track oriented alias nunduk abis. Di kejuaraan dunia dalam rangkain WSBK kelas ini dilombakan yakni WSS atau World Supersport.

Sport Fairing Tourer (600cc up)
Sport fairing tourer
Nah di kelas ini rata2 adalah dengan basis naked bike dengan fairing yang riding position nya cenderung mirip dengan naked bike,berbeda dengan supersport dan superbike. Motor ini juga cocok untuk yang punya hobi touring yang ingin tunggangan yang sporty namun tetap nyaman dipakai riding.

Superbike (1000cc)
Superbike
Performa dan fitur superbike adalah yang paling tinggi dari tiap pabrikan gaes. Sehingga gak heran harga pun juga melambung tinggi sebanding dengan performa,fitur dan pride yang di dapat. Banyak pula pabrikan yang memproduksi motor superbike nya dalam edisi terbatas. Secara dengan performa yang tinggi, habitat asli superbike ini adalah di sirkuit. Maka dari itu motor superbike memiliki performa dan handling yang maksimal dan seimbang. Karena memang tujuannya untuk menjadi yang tercepat di sirkuit. Akan mubadzir jika dipakai di jalan raya. Apalagi di Indonesia,power maksimal dari motor superbike gag bakalan bisa di pakai optimal..wkwkwk...posisi riding juga sama seperti motor supersport, racing banget,membungkuk. Di lombakan juga di balapan WSBK sebagai kelas tertinggi dalam balap motor produksi masal. Beda dengan Motogp. Motor Motogp adalah motor prototype yang diproduksi untuk keperluan balap saja dan tidak diperjual belikan.

hyperbike (1200cc up)
Hyperbike
Motor hyperbike sendiri diproduksi atau diciptakan pabrikan untuk mencapai topspeed tertinggi. Memiliki kubikasi meain di atas 1000cc. Lebih besar daripada superbike. Karena memang untuk meraih topspeed. Jika superbike memang untuk di sirkuit sehingga lebih fleksibel. Sedangkan hyperbike dengan filosofi speed dan speed. Maka untuk menggapai aerodinamic demi mencatat topspeed, gak heran kalau hyperbike memiliki bentuk desain yang sedikit nyeleneh. Namun jangan salah,banyak biker yang menggemari segmen hyperbike ini gaes..

Okee gaes...maaf ya artikelnya agak panjang...wkwkwk....so semoga bermanfaat dan tetap safety riding...wassalam...werr..werr...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Popular Posts