Sportbike, dari yang kecil sampe yang gede wajahnya mirip

Halllooo gaesss kali ini artikel ringan gak bahas motor baru atau apa. Tapi pengen bahas nih desain sportbike yang rata-rata memiliki desain yang mirip dengan kakaknya yang menjadi motor produksi top of the line dari tiap-tiap pabrikan. yg22 melihat line up sportbike dari 3 pabrikan Jepang yang sudah lama menjadi primadona sportbike di Indonesia ini wajahnya mirip-mirip ya sama kakak-kakaknya yang memiliki kubikasi mesin lebih gede. Oiya ini menurut opini pribadi ya gaes,so, jangan di anggap-anggap banget...wkwkwkwk...okeeeh kita gasss gaesss....

Yang pertama dari Geng Ijo alias Kawasaki nih gaes. Kita lihat wajah dari ketiga sportbike beda kelas ini memiliki wajah yang mirip. Yaitu, Ninja 250 fi di kelas 250cc, Zx636r di kelas supersport 600cc, dan Zx10r di kelas superbike 1000cc. Secara sekilas, memang wajah mereka ini mirip, bisa dilihat dari headlamp ketiganya yang menganut dual headlamp dengan desain yang mirip. Begitupun dengan desain body keseluruhan gaes yang sporty banget. Padahal kalau di telusuri lebih dalam (anjay) sebenernya Ninja 250 fi bukan dari keluarga Zx sih, karena kodenya adalah Ex 250. Nah, ninja 250 disini adalah yang produksi tahun 2012-2017 ya gaes, karena Ninja 250 fi MY 2018 malah gag seperti mirip keluarga Zx, namun lebih condong mirip ke Ninja 1000.

Sedangkan dari pabrikan Yamaha, gak jauh beda juga dengan Kawasaki, bahkan malah bisa dibilang garis desain sportbike mereka bisa dibilang mirip banget, apalagi antara Yamaha YZFR1 dan YZFR6. Bisa dilihat dari penempatan dual head lamp LED yang tersembunyi, hanya saja YZFR15 v3 headlamp-nya gag seperti kakak-kakaknya namun tetap mewarisi garis desain R-series Yamaha yang di adopsi dari motor balap prototipe Yamaha di MotoGP yaitu YZR-M1. Lah terus kenapa R25 gak disebut??ya karena memang desain bagian depan hingga belakang beda sendiri sih di banding R15,R6 ataupun R1. Maaf ini cuma opini pribadi ya. Mungkin R25 facelift mendatang desain garis body dibikin seperti keluarga R-series lainnya.

Gak jauh beda dengan kedua kompetitornya, Honda pun juga mewariskan desain sportbike moge mereka. Namun dengan catatan sbelum di facelift baru-baru ini ya gaes. Coba deh cek CBR 150 ataupun 250 yang diproduksi lokal yang belum mendapat facelift. Bisa kita lihat gaes,bagian depan identik dengan superbike mereka yakni CBR1000RR fireblade edisi sebelum facelift. Kalau CBR series edisi 2017 ini, kita bisa dapat membedakan, karena tiap produk, memiliki ciri khas desain masing-masing. Dan bagusnya ini malah mendapat respon positif. Yaaa kembali lagi sih, masalah desain adalah masalah selera.

Ada keuntungannya sih memakai desain motor dengan desain motor berkubikasi yang lebih besar, pastinya bisa mendongkrak penjualan juga, karena desain mirip dengan motor top of the line masing-masing pabrikan yang sudah pasti menjadi nilai tambah bagi konsumen. Tapi gimana kalau pakai Zx636 yang secara bisa dibilangplek dengan Ninja 250 fi, waktu berhenti di lampu merah ada yang nanya, "mas,Ninja 250 nya modif di mana?"..wkwkwk...guyon gaes..

Okeee gaess...sekian dulu semoga bermanfaat dan wassalam...werr...werr....

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Popular Posts