Nah WSBK juga memiliki regulasi dimana motor yang dilombakan harus memenuhi standar homologasi atau minimal produksi penjualan gaes. So, jika kalian beli motor superbike misal Kawasaki ZX10R, berarti kalian beli motor yang di lombakan di WSBK. Tentunya motor WSBK juga sudah mengalami beberapa perubahan part racing agar sesuai untuk keperluan balap.
Kawasaki ZX10R |
Kalau di MotoGP, Honda dan Yamaha begitu perkasa, berbeda dengan WSBK, Honda dan Yamaha terlihat terseok seok di WSBK. Bahkan susah untuk memberi perlawanan untuk Kawasaki atau Ducati. Disini, Ducati memang pabrikan yang paling konsisten, seperti yang kita tahu di musim 2017 ini di MotoGP ducati cukup kompetitif dan di WSBK Ducati pun sering naik podium, bahkan double winner di seri WSBK Jerman belum lama ini.
Nah seperti di judul, kenapa Kawasaki begitu sangat superior di WSBK?? Berbeda dengan Ducati,Honda,dan Yamaha, dimana ketiganya fokus ketiganya terpecah antara MotoGp dan WSBK. Sedangkan Kawasaki hanya fokus di kejuaraan WSBK saja. Bisa kita lihat bahwa Honda dan Yamaha sendiri begitu superior di MotoGP namun seperti terseok seok di WSBK.
Lalu kenapa Kawasaki tidak mau terjun ke ajang MotoGP??. Nah disini kendala finansial yang jadi penghalang. Kita semua tahu, Yamaha memiliki finansial yang kuat dari penjualan produknya, Ducati juga begitu ditopang VW group tentu finansial bukan menjadi masalah buat pabrikan Italia, apalagi Honda, yang semua orang tahu bahwa Honda memiliki finansial yang sangat kuat. Sementara biaya untuk berpartisipasi di MotoGP juga tidak murah. Meskipun kini Dorna, membuat regulasi perataan perangkat elektronik yang sama dari Magneti Marelli. Sehingga bisa menekan cost di MotoGP. Sebelumnya perangkat elektronik memakai dari pengembangan dari masing masing pabrikan dengan biaya pengembangan yang gila gilaan. Fyi, terakhir kali Kawasaki di MotoGP adalah di tahun 2008.
Selain karena di atas, memang segi marketing dari MotoGP berpengaruh besar dengan penjualan motor. Namun disini memiliki Kawasaki memiliki komitmen, buat apa gila-gilaan mengembangkan motor sedangkan tidak bisa untuk dijual. Secara MotoGP adalah race dengan motor prototype yang tidak dijual secara masal. So, Kawasaki memilih WSBK yang memakai motor produksi masal. Sehingga konsumen yang membeli motor, akan memiliki motor yang sama dengan motor yang dipakai balapan di WSBK gaes.
Dengan begitu Kawasaki memiliki keuntungan di WSBK karena fokus Kawasaki tidak terpecah. Hal ini di buktikan Kawasaki dengan mengamankan gelar WSBK lewat Tom Sykes tahun 2013 dan Jonathan Rea tahun 2015-2016, hanya tahun 2014 gelar tertinggi direbut Aprillia lewat Sylvain Guintolli.
Di WSBK sendiri ZX10R yang menjadi andalan Kawasaki sangat Superior dan hanya Ducati panigale yang sering menjadi saingan.
Okee gaess...sekian dulu...semoga bermanfaat dan tetap safety riding...wassalam...werr..werr...
Lalu kenapa Kawasaki tidak mau terjun ke ajang MotoGP??. Nah disini kendala finansial yang jadi penghalang. Kita semua tahu, Yamaha memiliki finansial yang kuat dari penjualan produknya, Ducati juga begitu ditopang VW group tentu finansial bukan menjadi masalah buat pabrikan Italia, apalagi Honda, yang semua orang tahu bahwa Honda memiliki finansial yang sangat kuat. Sementara biaya untuk berpartisipasi di MotoGP juga tidak murah. Meskipun kini Dorna, membuat regulasi perataan perangkat elektronik yang sama dari Magneti Marelli. Sehingga bisa menekan cost di MotoGP. Sebelumnya perangkat elektronik memakai dari pengembangan dari masing masing pabrikan dengan biaya pengembangan yang gila gilaan. Fyi, terakhir kali Kawasaki di MotoGP adalah di tahun 2008.
Kawasaki MotoGP |
Dengan begitu Kawasaki memiliki keuntungan di WSBK karena fokus Kawasaki tidak terpecah. Hal ini di buktikan Kawasaki dengan mengamankan gelar WSBK lewat Tom Sykes tahun 2013 dan Jonathan Rea tahun 2015-2016, hanya tahun 2014 gelar tertinggi direbut Aprillia lewat Sylvain Guintolli.
Di WSBK sendiri ZX10R yang menjadi andalan Kawasaki sangat Superior dan hanya Ducati panigale yang sering menjadi saingan.
Okee gaess...sekian dulu...semoga bermanfaat dan tetap safety riding...wassalam...werr..werr...